multcloud

MultCloud(https://www.multcloud.com/), a FREE and easy-to-use web app, supports for Managing Files and Transferring Files across Cloud Drives. Free provide 10TB traffic for data transmission.

6 May 2014

Cara membayar PBB Kabupaten Bekasi

Sejak tahun 2013, pengurusan PBB daerah diserahkan kepada Daerah yang bersangkutan. Masing-masing daerah mempunyai tata cara berbeda dalam hal pembayaran PBB. Secara umum, para pejabat daerah menunjuk langsung Bank daerahnya masing-masing sebagai penerima pembayaran PBB. Sementara untuk Bank Nasional hanya sebagian saja yang diajak kerja-samanya, seperti BRI. Juga ada yang bekerja-sama dengan PT Pos Indonesia. Jadi perhatikan laporan SPPT PBB yang anda dapat dari ketua RT masing-masing, di sana tertulis jelas Bank apa saja yang menerima pembayaran PBB anda.

Biasanya laporan SPPT PBB dicetak oleh kantor pajak di masing-masing daerah selama bulan Januari setiap tahunnya. Artinya untuk PBB tahun 2013 dicetak pada bulan Januari 2014. Lalu di bulan Februari langsung dibagikan ke Kecamatan, lalu dari pejabat Camat ke Kelurahan, lalu dari pejabat Lurah ke pejabat RW dan RT. Jadi kalau anda belum menerima laporan SPPT PBB, silahkan hubungi ketua RT atau RW setempat. Kalau sudah terima namun hilang, silahkan kunjungi kantor pajak di masing-masing daerah anda. Lalu ajukan permohonan cetak ulang PBB. Maksimal tahun yang bisa dicetak ulang PBB nya sampai 10 tahun kebelakang.

Saya punya rumah di Kabupaten Bekasi. dari tahun 2007 sampai dengan 2012 saya patuh dan lancar dalam membayar PBB saya, yaitu melalui BCA. Mudahnya sistem online yang dianut BCA membuat saya tetap bisa membayar PBB walaupun saya tidak berada di Kabupaten Bekasi. Pernah saat saya berdomisili di Jakarta kemudian berdomisili di Batam, dengan mudahnya membayar PBB saya lewat BCA Internet Banking. Namun semua cerita indah dan bahagia di atas harus berakhir di tahun 2012.

Tahun 2013 adalah "malapetaka" bagi warga negara Indonesia yang patuh membayar PBB. Karena ada perubahan sistem pengelolaan PBB dari Pusat ke Daerah. Akibatnya semua Bank Nasional yang pernah melayani pembayaran PBB, sudah tidak lagi bisa melayaninya. "Data yang anda input salah", kata BCA internet banking. Saya sempat mengira NOP yang saya masukkan salah atau berubah. Dicoba berulang kali juga tetap muncul pesan "Data yang anda input salah". Karena sudah kepepet diujung bulan Agustus 2013, akhirnya saya pasrah tidak membayar PBB. Biarlah kena denda tidak apa-apa. Toh, bukannya saya tidak mau bayar, tapi pemerintah lah yang mempersulit warganya untuk membayar PBB.

Awal tahun 2014, saya kembali teringat lagi PBB saya. Akankah ini menjadi tahun kedua bagi saya "mengemplang" pembayaran PBB di tahun 2014? Dengan semangat yang tersisa plus rasa kesal yang mendalam karena gagal bayar PBB tahun lalu, saya mencoba bertanya sama "mas Google". Berbagai website yang berhubungan dengan "cara pembayaran PBB Kabupaten Bekasi" saya baca satu persatu. Dari sana saya mendapatkan informasi bahwa pembayaran PBB Kabupaten Bekasi harus lewat BJB cabang-cabang Cikarang.

Seperti yang sudah saya beberkan diatas, pejabat Kabupaten Bekasi menunjuk BJB untuk menerima setoran PBB. Namun yang membuat saya "takjub", walaupun saya punya rekening BJB saya tetap tidak bisa bayar PBB lewat ATM BJB cabang Batam. Pesan kesalahan pun muncul "Data anda tidak dikenal". Saya menyesal bersusah payah membuka rekening BJB tapi tetap tidak bisa bayar PBB. Kemudian saya tanya "mas Google" lagi, ternyata pembayaran PBB hanya bisa dilakukan di bank yang disebutkan di laporan SPPT. Artinya hanya di BJB cabang-cabang Cikarang, selain dari itu tidak akan dikenal data-datanya (karena tidak online data-data PBB-nya).

Akhirnya saya teringat langganan saya, sebuah Biro Jasa terkenal di Jakarta. Saya sudah sering dibantu untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Kebetulan plat nomor saya masih "B" walaupun sudah berlama-lama tinggal di Batam. Malas mengurus balik nama, lagi pula mahal biayanya. Saya minta tolong, apakah mau membayarkan PBB saya yang di Kabupaten Bekasi? Walau jarak Jakarta ke Cikarang lumayan jauh, Biro Jasa ternyata mau membantu saya. Jadi sekarang PBB 2013 dan 2014 sudah lunas. PBB 2013 kena denda, tapi gak banyak cuma ketambahan 10 ribuan.

Bagi para pembaca blog yang bernasib sama, silahkan minta tolong seseorang untuk membayar langsung PBB-nya ke bank daerah yang dimaksud. Tidak ada istilah "online" untuk pembayaran PBB, kita kembali jauh ke jaman dimana mesin ATM belum dikenal apalagi Internet Banking, lha wong Internet saat itu masih baru diuji-coba sama bule-bule disono.

(Sambil merenung) Coba kalau bisa "online" lagi seperti dulu saat PBB diurus pusat. Aahh sudah lah, cuma menjadi kenangan indah masa lalu, jangan terlalu berharap nanti kecewa berat.

Kosa kata :
PBB = Pajak Bumi dan Bangunan
BRI = Bank Rakyat Indonesia
PT = Perseroan Terbatas
SPPT = Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang
RT = Rukun Tetangga
BCA = Bank Central Asia
RW = Rukun Warga
NOP = Nomor Objek Pajak
BJB = Bank Jabar Banten
ATM = Anjungan Tunai Mandiri

10 comments:

  1. wah enak nih bisa cek pbb kapanpun
    makasih infonya kawan

    ReplyDelete
  2. nice share
    makin mudah lihat pajak pbb sekarang
    thanks for information

    ReplyDelete
  3. boleh tahu nama biro jasanya? saya juga perlu bantuannya. trims

    ReplyDelete
  4. saya bayar PBB kota bekasi tahun 2016 di BJB Palembang bisa pak

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. PBB kota bekasi bisa dibayarkan di semua cabang Bank BJB dimanapun berada. Cukup infokan ke Kasir Bank nomor objek pajak rumah Bapak saja.

      Delete
  6. Kebetulan rumah saya di kabupaten bekasi , tp untuk posisi lebih dekat ke kota bekasi. Bisa tidak saya bayar PBB nya di cabang bank BJB di kota bekasi ? Atau tetap harus ke Bank BJB cabang Cikarang ?

    ReplyDelete
  7. Bisa di BJB mana saja.
    Sy biasa bayar di Indomart sama kantor pos.

    ReplyDelete